EntertainmentFilmNews

“Belajar, Belajar, Belajar, Jangan Pernah Merasa Puas”, Pesan Aris Nugraha Dalam Kelas Film Musim Hujan .

80views

NONTONAPA.COM – Kelas Film Musim Hujan ini merupakan kolaborasi EKSPORT dan Panasdalamovies, yang bertujuan untuk mengembangkan pasar film Indonesia agar memiliki regenerasi yang baik. Kelas ini dimulai tanggal 14 April sampai dengan 18 Mei 2019, dimana pesertanya dipilih dengan menjaring calon peserta melalui pendaftaran dan penyerahan ide cerita, sehingga terpilihlah 50 peserta.  Kemudian ke-50 peserta tersebut dibagi menjadi 5 kelompok , dimana masing-masing kelompok akan memproduksikan film pendek yang akan dikompetisikan.

Kata Sambutan dari Iyang Darmawan sebelum kelas Directing oleh Aris Nugraha

Dalam rangkaian pengumuman pemenang Film pendek dari Kelas Film Musim Hujan yang diadakan di Bandung Creative Hub pada hari ini,  tanggal 22 Juni 2019, Aris Nugraha, sutradara Bajaj Bajuri dan Film Layar Lebar Preman Pensiun, membagikan ilmunya pada para peserta

Belajar, belajar, belajar, dan jangan pernah merasa puas, sebelum terpukau dan ingin meniru orang belajar dulu sejarahnya, tata kamera, belajar editing baru kita putuskan akan seperti apa, jadi belajar itu jangan berhenti, dan jika kita sudah membuat karya yang sukses, jangan merasa kita sudah sukses”, ucap Aris.

Aris Nugraha bersama peserta Kelas Film Musim Hujan, usai Kelas Directing

Dalam kelas tersebut Aris juga membagikan kiat untuk para pemuda Indonesia untuk memulai membuat film dimana dalam mempelajari pembuatan film perlu 5 tahap yaitu baca, dengar, lihat, tanya dan lakukan.

“Untuk memulai belajar, yang perlu dilakukan ada 5 tahapan yang pertama baca, mendengar, melihat, tanya dan lakukan, dasar belajarnya sama. Jika saat melakukan kita ada yang salah lalu edit, jika masih salah, tanya lalu lakukan lagi, begitu terus”.  

Kelas Scoring oleh Ari Marifat

Pembicara yang hadir hari ini merupakan sosok yang sudah tidak diragukan lagi kehandalan dalam dunia perfilman Tanah Air, antara lain Ari Marifat (Komposer musik asal Bandung yang menggarap Film Layar Lebar Koboy Kampus dan Film Animasi Si Juki The Movie), Aris Nugraha (Sutradara Asal Garut yang terkenal dengan karyanya Bajaj Bajuri, Preman Pensiun, Preman Pensiun The Movie, dan masih banyak lagi), serta Cesa David ( Editor asal Bandung yang merupakan ketua dari Indonesian Film Editor yang telah mengedit sekitar 120 film layar lebar di Indonesia).Puncak acara pengumuman pemenang Kelas Film Musim Hujan  akan diadakan keesokan hari tanggal 23 Juni 2019 dan dihadiri oleh Ragil Raditya ( CEO Nevix, dimana platform Nevix membentuk ekosistem industri perfilman Indonesia), Sigit Prabowo (Penganalisis Box Office sejak 10 tahun lalu dengan blog bicaraboxoffice.com), Pidi Baiq (Sutradara dan penulis Dilan 1990&Dilan 1991), serta Ody Mulya ( Produser pendiri Max Pictures).

Leave a Response