Historical fictionHorror

REVIEW : LUKISAN RATU KIDUL

77views

Nontonapa – Sebuah film yang terinspirasi dari kisah legendaris Nyi Roro Kidul, namun berfokus pada lukisannya yang ikut melegendaris. Banyak sekali yang percaya pada lukisannya menyimpan energi mistis. Film garapan sutradara wanita Ginanti Rona ini, diawal terasa meyakinkan dan cukup mempuni untuk memberikan sensasi film horror yang berbeda dari film-film horror lainnya.

Kisah satu keluarga yang ditinggali sebuah rumah warisan lalu mereka tinggal di rumah tersebut. Di rumah warisan tersebut ada sebuah lukisan yang mempunyai daya jual yang tinggi. Namun ternyata lukisan itulah yang akhirnya membawa malapetka bagi keluarga mereka. Lukisan itu adalah peninggalan ayahnya yang bernama Rusdi Soedibyo seorang pelukis terkenal di tahun 80-an.

Secara visual kita akan disuguhkan sepanjang film dengan berlatar warna hijau. Ya terntunya karna Nyi Roro Kidul identik dengan warna hijau. Lumayan membuat film ini menjadi menarik. Namun segi pengambilan gambar terasa diambil dari kamera yang berbeda dan ada dibeberapa adegan justru terlihat agak buram.

Akting Ussy Sulistiawati yang baru pertama kali bermain film horror bisa dikatakan cukup mempuni dan Teuku Zaki bersama Wafda yang dipernakan menjadi pasangan adik dan kakak terasa sangat mempunyai kemistri yang kuat. Dari segi wajah pun mereka berdua bisa dibilang ada kemiripan. Untuk akting para pemeran utamanya bisa diacungi jempol

Alur cerita diawal terkesan slow sehingga mudah dicerna kita akan ikut terbawa suasana dan masuk ke dalam cerita film. Ditengah cerita justru cerita terasa mengganggu dan kurang bisa untuk dinikmati. Dari awal sampai terakhir ternyata kisah Nyi Roro Kidul tidak ada sama sekali diceritakan. Padahal akan menjadi lebih menarik bila mengangkat cerita tentang legenda Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul. Yap, overall diawal film ini cukup mejanjikan dan di tengah sampai akhir agak membuat kecewa tidak sesuai ekpetasi diawal.

Review overview

PLOT6
TOKOH8.5
ENDING6
6.8

Summary

Leave a Response