CrimeDramaThriller

REVIEW: ‘BADLA’, Cerita Bolak-Balik yang Fantastic

693views

INFORMASI

  • Release Date: 8 Maret 2019
  • Starring: Amitabh Bachchan, Taapsee Pannu
  • Censor Rating: TBC
  • Genre: Drama, Crime, Thriller
  • Language: Indian
  • Subtitle: Bahasa Indonesia
  • Duration: 120 Minutes

Nontonapa – Halo Cinephile! Di akhir pekan ini penonton akan terpesona oleh penampilan kalem artis legendaris dari India, Amitabh Bachchan. Bachchan akan bekerjasama dengan sang raja Bollywood, Shah Rukh Khan dalam sebuah film Thriller Crime berjudul Badla. Mereka tidak akan beradu peran, melainkan sebagai pemain dan produser dimana Bachchan akan berperan sebagai pengacara senior sementara SRK berada dibalik layar. Jadi, jangan harap kalian akan menemukan adegan romantis berupa tarian mengelilingi pohon.

Cerita Badla dimulai ketika Naina Sethi (Taapsee Pannu) seorang public figure yang dituduh atas pembunuhan seorang pria yang diduga sebagai selingkuhannya, Arjun (Tony Luke). Pengacara Naina, Jimmy (Manav Kaul) menyewa pengacara senior Badal Gupta (Amitabh Bachchan) untuk membantunya dalam memecahkan kasus tersebut serta membela Naina. Ketika Badal menginterogasi Naina Sethi, ia berharap akan mendapatkan sebuah fakta yang mengarah kepada pembunuhan Arjun. Namun yang ia dapatkan bisa saja lebih dari atau tidak sesuai ekspektasi yang diharapkan mengingat Sethi merupakan pribadi yang tertutup sehingga banyak menyimpan rahasianya yang belum terungkap. Berhasilkah Badal memecahkan masalah Sethi? Atau bahkan ia malah kesulitan karena sifat introvert Sethi?

Film Badla yang disutradarai oleh Sujoy Ghosh sebenarnya merupakan remake dari film Spanyol berjudul The Invisible Guest (2016) garapan sutradara Oriol Paulo, dimana sang sutradara memang terkenal doyan membuat bingung para penontonnya sekaligus mengajak penontonnya sedikit berfikir dan seolah masuk kedalam cerita. Karena film-film Oriol yang bertemakan thriller mystery sehingga tidak heran jika film hasil karyanya mempunyai alur yang maju mundur (flashback).

Sang sutradara, Sujoy Ghosh menjadikan film ini penuh dengan dialog, mayoritas drama yang terjadi dalam film ini diungkapkan hanya antara dua karakter utama saja yaitu Naina dan Badal Gupta ketika mereka sedang mengingat kembali kejadian pembunuhan Arjun. Dengan kata lain premis dari film Badla adalah percakapan antara seorang terdakwa dengan pengacaranya. Mereka saling menahan diri dalam mengungkapkan niat mereka yang sebenarnya, alur cerita tercipta secara perlahan namun terus membuat intrik tetap hidup. Sujoy Ghosh dan sang penulis Raj Vasant mengadaptasi cerita ini ke dalam konteks India dengan referensi dari cerita Mahabharata. Beberapa dialog mendapatkan sedikit pengulangan, tetapi emosi karakter dan situasi disampaikan dengan jelas. Bolak-balik yang konstan ke dalam flashback memang sedikit membosankan dan membuat film ini terasa jauh lebih lama daripada yang sebenarnya.

Chemistry dari pemeran utama dalam film Badla bisa dibilang sangat “klop” karena mereka berdua pernah berduet dalam sebuah film berjudul Pink (2016). Karakter Naina Sethi yang diperankan oleh Taapsee membawa corak tersendiri, karakternya diungkapkan secara sabar ketika cerita sedang berlangsung sehingga membuat semua transisi berjalan dengan baik. Sementara Amitabh Bachchan di sisi lain memiliki peran yang lebih “lempeng”, namun kepridbadiannya yang cekatan dan kemampuannya yang elegant membuat kinerjanya sebagai pengacara senior di pengadilan sangat sempurna. Selain itu jangan lupakan peran pendukung, Tony Luke dan Amrita Singh, yang juga tidak kalah baiknya.

Film ini memang menguji konsentrasi penonton selama 120 menit, melihat serta memperhatikan adegan demi adegan, menyimak perkataan demi perkataan, sehingga pikiran penonton seperti tidak diberi ruang untuk “bernafas”. Namun hal itu benar-benar terbayarkan setelah memasuki akhir cerita/ konklusi cerita. Jadi bagi kalian yang tidak terlalu suka film yang ribet serta menguras otak, jujur, “ini film berat, biar aku saja”. Hahai~

Review overview

Plot8.6
Penokohan8.9
Ending9.5
9

Summary

Leave a Response