ActorDramaEntertainmentFictionFilmHistorical fictionRomance

REVIEW: TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK Sukses Membuat Banjir Air Mata

432views

Nontonapa – Film garapan Sunil Soraya dan Ram Soraya ini, telah tayang pada 19 Desember 2013 terinspirasi dari novel karya Abdul Malik Karim Amrullah. Film ini wajib sekali ditonton untuk penggemar film drama romantis, karna sangat berbeda dari film-film drama romantis lainnya. Alur ceritanya yang tidak mudah ditebak, membuat kita yang menonton akan seperti ikut merasakan apa yang terjadi seolah masuk di dalamnya. Sukses membuat penonton banjir air mata disetiap adegannya dari awal sampai akhir. Tentunya pemainnya sangat ikut berpengaruh, film yang dibintangi oleh:

Pevita Pearce sebagai Hayati

Herjunot Ali sebagai Zainuddin

Reza Rahardia sebagai Aziz

Kisahnya berawal dari seorang lelaki sebatang karang bernama Zainuddin yang merantau ke tanah kelahiran ayahnya di Batipuh, Padang Panjang. Tidak sengaja ketika sedang berjalan Zainuddin bertemu dengan Hayati yang sedang menaiki delman. Saat itu Zainuddin sangat terpesona sampai tidak mengedipkan matanya sama sekali. Tentu saja ternyata Hayati memang bunga desa disana.

Zainuddin orang yang sangat baik, taat agama, dan sabar. Kala itu Zainuddin sedang hendak mengaji yang ternyata Hayati pun mengaji di tempat yang sama. Ketika sepulang mengaji mereka tidak sengaja lagi bertemu. Saat itu sedang hujan dan Hayati tidak membawa payung sedangkan Zainuddin membawa payung. Dan sudah jelas Zainuddin berikan untuk Hayati. Dari situlah kisah percintaan mereka dimulai.

Namun Zainuddin hanyalah seorang lelaki yang melarat dan tidak bersuku jelas. Karena ibunya berasal dari Bugis sedangkan ayangnya berasal dari Minang. Di daerah Hayati adat istiadat dan tradisi sangatlah kental, apalagi Hayati seorang keturunan Minang bangsawan. Kisah cinta mereka perlahan mulai diuji.

Zainuddin kala itu melamar Hayati. Namun ditolak oleh keluarga besarnya, karena menurut adat mereka Hayati haruslah menikah dengan yang keturunannya jelas dan sama dengannya. Tapi mungkin ada alasan lain, Hayati sudah dijodohkan dengan Aziz. Keluarga Hayati lebih menyukai Aziz karena Aziz seorang lelaki kaya yang terpandang keluarganya.

Ujian dari kisah cinta mereka semakin diuji. Setelah Hayati akhirnya menuruti kemauan keluarganya untuk menikah dengan Aziz. Zainuddin terpuruk sampai sempat tidak sadarkan diri seperti orang yang kehilangan akal. Setelah sekian lama Zainuddin mengalami ketepurukan, akhirnya bangkit dan memutuskan untuk mengadu nasib ke tanah Jawa bersama saudaranya Muluk yang diperankan oleh Randy Danistha.

Tidak disangka kepergiannya menuju tanah Jawa membawanya menjadi orang yang sukses, kaya, dan penuh dengan kemahsyuran. Hidupnya sudah tidak seperti dulu, kini Zainuddin pun sudah tidak pernah ingat lagi kesakitannya akan Hayati.

Ujian mengahampiri lagi pada Zainuddin yang kala itu sedang menonton pertujukan opera tidak sengaja bertemu dengan Hayati dan Aziz. Bermula dari pertemuan itu ternyata mereka menjadi bertemu lagi di rumah Zainuddin yang sedang mengadakan Open House. Aziz memanfaatkan Zainuddin karena Aziz sudah tidak sekaya dulu lagi. Hartanya perlahan habis dipakai untuk judi, minum-minuman, dan wanita.

Akibat dari perbuatannya itu Aziz mempunyai banyak hutang sampai tidak punya lagi tempat tinggal. Aziz dengan rasa tidak tau malunya itu, meminta Zainuddin untuk memperbolehkan Aziz dan Hayati tinggal di rumahnya yang besar itu. Karena Zainuddin orang yang sangat baik, dia tidak mampu menolaknya. Mereka akhirnya tinggal bersama. Kali ini ujian menghampiri Hayati. Aziz pamit untuk hendak keluar kota, namun Aziz tidak kunjung pulang. Sampai ada kabar bahwa Aziz telah tewas.

Zainuddin memutuskan untuk memulangkan Hayati ke kampung halamannya. Pada saat itu Hayati memohon untuk tidak dipulangkan tapi Zainuddin memaksanya. Pergilah hayati menggunakan kapal Van Der Wijck. Dan ternyata kapal itu mengalami kerusakan sehingga tenggelam, Hayati ikut menjadi korban didalamnya. Mendengar kabar itu zainuddin bergegas mencari rumah sakit para korban Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Ternyata Hayati ditemukan masih hidup, tapi Hayati sekarat. Disini part yang paling menyedihkan karena akhirnya Hayati meninggal dunia.

Review overview

Story8.9
Actress/ Actors8.6
Ending7.8
8.4

Summary

Leave a Response